Mimaki JFX200-2513 Prologue

Mimaki CG-FXII Prologue
May 8, 2019
Mimaki CF2 series Prologue
May 22, 2019
Show all

Mimaki JFX adalah keluarga printer UV flatbed untuk ukuran besar dari Mimaki, untuk JFX200-2513 sendiri merupakan seri yang paling ekonomis dari semua seri JFX. Namun dari segi kualitas hasil cetak, JFX200-2513 ini memiliki kualitas yang sama dengan seri lainnya, yang menbedakan adalah dari segi kecepatan. JFX200-2513 memiliki 2 printhead ricoh. Area cetak dari mesin Mimaki JFX200-2513 adalah 2,5 meter x 1,3 meter. Dalam settingan ink hanya CMYK, produktifitas dari mesin ini sekitar 8 board full dalam 1 jam, namun bila komposisi ink terdapat special color seperti white, clear atau primer, maka 1 jam dapat menghasilkan 4 board full.

Mimaki JFX200-2513 memiliki komposisi ink yang support ink clear, sehingga dari ink clear ini bisa menimbulkan effect- effect seperti glossy dan effect mate. Dengan design yang sudah di perhitungkan untuk kenyamanan customer, semua proses operasi berada di sisi depan, mulai dari panel operator, sisi penempatan tinta, dan juga pengaturan fan vacum. Hal ini akan memudahkan kita untuk melakukan pekerjaan. Terdapat hole atau lubang untuk sekrup pada sisi2 area print yang berfungsi untuk pemasangan jig, sehingga kita hanya perlu membuat jig agar proses produksi bisa lebih effisien dan efektif. Mimaki JFX200-2513 pun memberikan fitur- fitur standar Mimaki seperti Ink circulation system untuk meminimalisir pengendapan di seluruh alur ink, nozzle recovery system untuk penggunaan darurat bila kondisi printhead sudah kurang baik, maps untuk meminimalisir banding/ stepping, Variable dot untuk mengurangi granny sehingga memberikan hasil yang lebih halus, MCC (Mimaki clear control) memberikan hasil yang cemerlang terhadap effect glossy dan matte, MCT (Mimaki Circulation Technology) agar tinta putih lebih aman karena adanya periodic circulation dll.

Mimaki JFX200-2513 bisa melakukan print pada media datar yang memiliki ketebalan hingga 5 cm, dengan maksimum berat media kurang dari 50kg/sqm. Untuk ketinggian media, nilai ketinggian bisa kita masukan secara manual sesuai dengan ketebalan media tersebut, dan bisa juga kita memanfaatkan fitur automatic measurement of media thickness yang akan mendetect media dengan cara memindahkan posisi carriage di atas media tersebut, saat melakukan detect media akan ada sebuah pin yang muncul dari bawah carriage dan melakukan kalkulasi ketinggian. Disini kita harus memperhatikan ketebalan media apakah di segala sisinya sudah merata atau belum. Selain itu ada juga media jam sensor yang berfungsi untuk memberikan peringatan dan menghentikan proses print bila sensor ini mengenai media atau obstacle di depannya.

Mimaki JFX200-2513 memiliki vacum agar media yang di letakan diatasnya bisa lebih solid peletakannya, hal ini cukup penting agar media tidak bergeser dan meminimalisir kegagalan print. Tinta yang bisa digunakan di Mimaki JFX200-2513 antara lain LH-100, LUS120, LUS150, LUS200, LUS350.

Mimaki JFX200-2513 menggunakan LED-UV terbaik dengan VOC (Volatile Organic Control) yang rendah, sehingga aman untuk operator. Hemat energy karena proses curing sudah menggunakan sinar UV LED yang rendah daya, selain itu karena sinar UV yang digunakan adalah LED tidak ada suhu signifikan yang keluar dari mesin, sehingga lebih aman untuk media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *