Mimaki UJF3042MKII Prologue

Mimaki CG-SRIII Prologue
May 6, 2019
Mimaki UJF6042MKII Prologue
May 8, 2019
Show all

Mimaki UJF3042MKII merupakan salah satu produk dari segmen industrial produknya MIMAKI, melanjutkan kisah sukses pendahulunya seri UJF3042, UJF3042FX, UJF3042HG, Mimaki termasuk salah satu pabrikan yang pertama kali mengenalkan produk UV flatbed printing secara meluas di Indonesia. UJF3042MKII pertama kali launching sekitar oktober 2016 dengan teknologi dan fitur- fitur yang lebih baik dari generasi sebelumnya, selain itu dari supply ink pun sudah bisa di support dengan ink berkapasitas 1 liter sehingga cost produksi yang di keluarkan menjadi lebih murah.

 

Ada perbedaan yang sangat mencolok antara UJF3042MKII dengan generasi sebelumnya yaitu apabila di generasi sebelumnya, gerakan feeding (vertical) printing dilakukan oleh badan mesin dan printhead, sedangkan kondisi table tetap diam di tempat. Dan untuk UJF3042MKII, yang bergerak secara feeding hanyalah table nya saja. Selain itu, media yang bisa di print oleh UJF3042MKII lebih memadai, tinggi media yang di print bisa mencapai 15 cm, dengan kondisi dibagi menjadi 3 step. Step 1 saat menggunakan 2 spacer media yang bisa di print bisa mencapai ketinggian 5 cm, step 2 itu saat menggunakan 1 spacer media yang bisa di print bisa mencapai ketinggian 10 cm, dan step 3 saat tidak menggunakan spacer sama sekali dan media yang di print bisa mencapai ketinggian 15 cm. Area print dari UJF3042MKII ini adalah seukuran A3.

 

Printhead yang digunakan pada Mimaki UJF3042MKII ini berbeda dari seri sebelumnya, bila sebelumnya printhead yang digunakan menggunakan printhead ricoh, sedangkan untuk seri Mimaki UJF3042MKII ini menggunakan printhead toshiba sebanyak 3 keping. Mimaki Indonesia memberikan garansi 1 tahun mesin termasuk printhead, garansi diluar consumable part. Dimana masing- masing printhead memiliki 2 line, sehingga UJF3042MKII ini bisa dialiri tinta hingga 6 ink. Biasanya customer akan memilih antara komposisi ink  CMYKWCl(Clear) atau CMYKWPr (Primer).

 

Selain itu ada fitur yang bernama LD mode, fiture LD mode ini digunakan untuk melakukan print disaat kita menemui media yang memiliki ketinggian berbeda. Karena fitur LD mode ini memberi semburan lebih kencang dibanding settingan biasa. Namun perlu di perhatikan, bahwasannya fitur LD mode ini tidak begitu disarankan oleh Mimaki sendiri, karena penggunaan LD mode yang terlampau sering akan membuat proses pergantian printhead menjadi lebih cepat. Hal itu cukup beralasan karena disaat fitur LD mode digunakan, maka kinerja printhead menjadi lebih tinggi, dan sistem membran pada printhead pun otomatis menjadi terpengaruh performanya.

 

UJF3042MKII disemati fitur- fitur andalan mimaki, seperti MAPS4, Variable dot, waveform control, MCC,NCU, NRS, MCT, dll. Pada seri UJF3042MKII ini, desain mesin sudah menggunakan desain full cover structure, sehingga jauh lebih memberikan keamanan untuk operator, karena area print dapat di tutup oleh pelindung yang menyeluruh tersebut. Selain itu, Mimaki UJF3042MKII memiliki sensor untuk mendeteksi ketinggian material, hal ini menjadi fitur yang sangat efektif dan menguntungkan untuk kita karena dengan fitur sensor ketinggian ini, kita tidak perlu mengukur ketinggian dari material tersebut, material akan secara otomatis tehitung oleh sensor sehingga ketinggian jauh lebih akuran terhitung daripada mesin- mesin yang masih manual. Hal ini juga menguntungkan dari segi keamanan, dengan fitur otomatis ini, maka resiko printhead menabrak media akan menjadi lebih kecil, berbeda dengan printer yang ketinggiannya masih harus ditentukan secara manual, apabila ada kesalahan dalam pengaturan ketinggian, kemungkinan printhead menabrak media akan menjadi lebih besar.

 

Mesin UJF3042MKII ini bisa dialiri oleh 3 jenis tinta, yaitu LH100, LUS120, dan LUS150. masing- masing jenis ink memiliki kelebihan dan kekurangan masing- masing. Selain itu ada juga optional mesin bernama Kebab MKII yang berfungsi untuk melakukan printing pada media- media silinder.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *